Rabu, 16 Desember 2015

15 Langkah Melatih Anak Jadi Penulis



Menjadi penulis sekarang bukan lagi menjadi profesi bagi orang dewasa. Anak-anak juga bisa menjadi penulis.Sudah banyak beredar di pasaran karya tulis anak-anak , termasuk karya fiksi. Ingin membantu anak dengan melatihnya menulis? Berikut ini 15 tips mudah melatih anak menulis :

  1.  Biasakan anak melihat lingkungan keluarganya menulis, terutama ibu. Karena anak adalah peniru ulung bukan?Jadi dengan terbiasa melihat keluarganya menulis, anak akan mudah meniru kebiasaan itu.
  2. Bacakan hasil tulisan. Dengan membacakan hasil tulisan, anak akan mempelajari asyiknya menulis.
  3. Biasakan membaca. Karena membaca akan membantu wawasannya dalam menulis. Jangan ragu untuk membelikannya buku-buku apa saja yang sesuai dengan minatnya.
  4. Gali ide anak. Ini bisa dilakukan setelah anak terbiasa membaca. Bisa juga ide itu muncul dari aktifitas anak sehari-hari.
  5. Jangan malu memuji. Setelah anak berhasil merumuskan idenya, jangan malu untuk memujinya. Dengan begitu..anak akan terus terpacu untuk menuliskan idenya.
  6. Menulis setiap hari. Ya anak harus mulai menulis setiap hari, tak perlu lama-lama. Hanya satu kata pun tak apa.
  7. Dampingi saat menulis, terutama saat mulai merangkai kata, kalimat, dan paragraf.
  8. Biarkan anak menulis semaunya. Ta perlu mengintervensi atau mengatur anak harus menulis ini itu.
  9. Berikan Reward. Ketika anak sudah berhasil selesai menuliskan idenya..berikan reward. Bisa apa saja ..buku, alat tulis (yang berhubungan dengan menulis).
  10. Jangan dipaksa. Bila anak jenuh jangan dipaksakan untuk menulis. Alihkan perhatiannya dulu dengan bermain atau melakukan aktifitas lain yang menyenangkan.
  11. Diskusi tentang menulis. Ini penting agar anak juga tahu keuntungan menulis apa saja.
  12. Arsipkan dan edit bersama. Setiap hasil tulisan anak disimpan dengan baik dan buka secara berkala untuk iedit bersama. Aktifitas ini akan sangat menyenangkan dan melatih anak menjadi editor juga bukan?
  13. Cetak buku Sendiri. Ya…ini bisa jadi langkah menyenangkan dan membanggakan buat anak. Setelah menyelesaikan karya, desainlah cover secara sederhana, dan cetak pula dengan sederhana. Ini bisa jadi koleksi berharga bagi anak.
  14. Kirim ke Media. Biarkan anak yang melakukannya. Jangan lupa untuk memotivasi terhadap kemungkinan tulisannya ditolak.
  15. Jangan Berhenti Menulis. Begitu selesai 1 tulisan lanjutkan dengan tulisan lain. Tetap konsisten menulis meski hanya satu kata dalam sehari.


Nahh…sudah siap menjai pelatih menulis bagi anak Anda? Selamat berkarya ya…

*Sumber : #Jilid 5 Seri Serba Gampang : Gampang Melatih Anak Menulis oleh Indari Mastuti*

9 komentar:

  1. wahh keerenn nih mak artikelnyaa, nanti deh kalo punya anak kuajarin hihihihi

    TFS, Mak :*

    BalasHapus
  2. Makasih tips nya, mba. Anakku br bikin blog niy...tp buat gambar2nya aja. Kmrn dia aku coba minta nulis,milih gambar lagi. Hihihi....lbh suka gambar ternyata.

    BalasHapus
  3. Ini mah tips buat emaknya. Yaitu akuh... Hehehee...

    BalasHapus
  4. anakku suka menulis tapibelum produktif ya kalai sibuk dg urusan sekolah

    BalasHapus
  5. Setuju banget ini.. alhamdhulilah gegara liat emaknya sibuk depan laptop penasaran jg nadia pengen.nulis walaupun belum rapi dan teratur tp aku tetep bangga dia mau mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bravo Nadia... :) Tar duet ama mamanya deh jadi travel writer.. :)

      Hapus
  6. waah tipsnya keren..berguna juga nih buat ibunya hahaha

    BalasHapus
  7. kalau semua anak indonesia di ajari jadi penulis, ntar semua bisa jadi blogger donk bro...hehhe. Saran bagus nih.....

    BalasHapus

Hai..Terima kasih sudah mampir dan menyampaikan komentar.. Salam Lestari.